Sempat Viral #BoikotJNE, Bos JNE Duga Ada Motif Persaingan Usaha

Petugas mengecek paket sebelum dikirim, di Kantor Pusat JNE, Jakarta, 16 Oktober 2017. Tempo/Tony Hartawan

, Jakarta – Direktur Utama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Muhammad Feriadi menduga ada pihak yang memanfaatkan suhu politik dan mengait-ngaitkan perseroan dengan pihak tertentu, misalnya juru bicara PA 212 Haikal Hassan.

“Kami menduga bahwa ini semua dikaitkan ada persaingan usaha,” ujar Feriadi dalam konferensi pers di Jakarta Utara, Rabu, 16 Desember 2020. Pasalnya isu tersebut mencuat menjelang adanya momen Hari Belanja Online Nasional pada 12 Desember 2020.

Feriadi berujar tanggal yang merupakan pesta promo bisnis online itu adalah momen yang ditunggu-tunggu para pelaku logistik. Kendati menduga ada motif persaingan usaha, ia belum mau menduga siapa pihak yang terlibat. “Belum (memiliki dugaan), tapi kami melihat ke arah sana.”

Sebelumnya, JNE menjadi trending topic di Twitter dengan adanya berbagai tagar #JNEKadrun hingga #BoikotJNE. Isu keterkaitan juru bicara PA 212 Haikal Hassan dengan JNE muncul setelah akun Twitter perusahaan @JNE_ID mengunggah ucapan selamat ulang tahun ke-30 dari Haikal pada 4 Desember 2020. Cuitan tersebut kemudian berkembang viral.

12
Selanjutnya