Sering Konsumsi 8 Jenis Makanan ini Berisiko Ganggu Kesehatan Jantung

Jakarta – Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi hampir semua aspek kesehatan jantung, mulai dari tekanan darah, peradangan, kadar kolesterol dan trigliserida. Maka dari itu baik untuk Anda mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat untuk jantung, guna menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

Dirangkum dari Time.com dan Web MD, berikut beberapa jenis makanan yang kurang baik untuk kesehatan jantung Anda:

  1. Makanan yang Digoreng

Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi makanan yang digoreng, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan olahan makanan lainnya yang digoreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Metode penggorengan konvensional menghasilkan lemak trans, sejenis lemak yang terbukti meningkatkan jenis kolesterol jahat dan menurunkan jenis kolesterol baik dalam tubuh.

  1. Permen

Sering mengkonsumsi permen yang tinggi akan gula dapat meningkatkan risiko Anda terhadap obesitas, peradangan, kolesterol tinggi dan diabetes, di mana ke semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

  1. Makanan yang Mengandung Banyak Gula, Garam dan Lemak

Seiring waktu, garam, gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan Anda sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlebihan garam, gula atau lemak.

  1. Daging Merah

Makan danging sapi, domba dan sejenis daging merah lainnya secara berlebihan dapat meningkatkan peluang terkena penyakit jantung dan diabetes. Hal ini dikarenakan daging merah tinggi lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol.

  1. Soda

Orang yang sering minum soda cenderung naik berat badannya dan lebih mungkin mengalami obesitas, diabetes tipe dua, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

  1. Kue Panggang

Kue panggang yang sarat akan gula tambahan dapat meningkatkan berat badan. Mereka juga dikaitkan dengan kadar trigliserida yang tinggi, dan itu dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahan utama seperti tepung putih juga dapat meningkatkan gula darah dan membuat Anda lebih merasa lapar.

  1. Daging Olahan

Daging olahan seperti hot dog, sosis, salami adalah bagian dari jenis daging yang buruk untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan jumlah garam yang tinggi, dan sebagian besar mengandung lemak jenuh yang tinggi.

  1. Alkohol

Sering meminum alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, stroke dan penambahan berat badan. Namun minum dalam jumlah sedang tidak membahayakan jantung Anda, kecuali Anda penderita tekanan darah tinggi.

Itulah 8 jenis makanan yang sebaiknya tidak sering Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Menghindari mengonsumsi makanan tesebut bisa menjauhkan tubuh dari risiko terserang penyakit jantung.

DELFI ANA HARAHAP

Baca: Manfaat Puasa Ramadan Bagi Penderita Penyakit Jantung