Skuad Inggris untuk Euro 2020 Diumumkan, Gareth Southgate Coret Jesse Lingard

, Jakarta – Pelatih kepala timnas Inggris Gareth Southgate mengumumkan skuadnya yang akan tampil untuk babak utama Euro 2020 pada Rabu dinihari WIB, 2 Juni 2021. Gelandang Jesse Lingard menjadi satu dari enam nama yang tercoret.

Empat nama lainnya yang tercoret adalah bek Ben Godfrey, bek Ben White, kiper Aaron Ramsdale, penyerang Ollie Watkins dan gelandang James Ward-Prowse.

Penyerang Manchester United Mason Greenwood sudah lebih dulu mengundurkan diri dari skuad Inggris karena cedera kambuhannya.

Nama-nama yang tercoret sementara ini akan tetap berada di skuad Inggris untuk dua laga pemanasan melawan Austria pada Rabu waktu setempat dan Rumania empat hari berselang.

“Kami masih memiliki dua laga pemanasan di mana pemain yang tercoret bisa terlibat dan jika ada yang cedera, mereka lah yang akan lebih dulu dipanggil,” kata Southgate dilansir Reuters.

UEFA memberi keringanan kepada tim-tim peserta Euro 2020 untuk melakukan pergantian pemain di dalam skuadnya sebelum pertandingan pertama fase penyisihan grup, bila ada pemain yang cedera serius atau sakit.

Pemain West Ham United Jesse Lingard. REUTERS

Jesse Lingard merupakan salah satu pemain yang selalu tampil bagi Inggris di Piala Dunia 2018 lalu. Belakangan, pamornya naik lagi setelah tampil bagus dalam masa peminjamannya di West Ham United. Namun, skuad The Three Lions punya banyak talenta di lini depan mereka.

“Bagi saya pribadi, sangat sulit berbicara langsung dengan Jesse, yang sudah memberikan banyak hal bagi Inggris dan tampil bagus untuk kami dalam waktu lama,” kata Southgate.

Southgate mengaku memberi opsi bagi Lingard, Ward-Prowse dan Watkins untuk meninggalkan skuad, tetapi ketiganya memutuskan tetap berada di kamp pemusatan latihan.

Dua pemain yang saat ini cedera, Harry Maguire dan Jordan Henderson, tetap masuk dalam skuad final Inggris untuk Euro 2020. Sebanyak 15 dari 26 pemain bakal berkesempatan melakoni debut di turnamen internasional itu.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. REUTERS/Neil Hall

Southgate mengatakan Maguire mungkin belum cukup pulih benar untuk laga pembukaan Inggris.

Sementara itu, Southgate memilih empat pemain yang biasanya bermain di posisi bek kanan, termasuk pemain Liverpool Trent Alexander-Arnold serta Kieran Trippier, Kyle Walker dan Reece James, tetapi mereka semua punya kemampuan bermain di posisi lain.

“Ya, kami punya empat pemain yang biasanya bermain di posisi bek kanan di klub mereka,” kata Southgate.

“Pada dasarnya mereka adalah 26 pemain terbaik kami dan itulah mengapa mereka masuk skuad dan jika saya bisa memilih lima atau enam bek kanan, mungkin saya akan melakukannya.”

“Kami di sini untuk memainkan sembilan pertandingan dan sudah menghadapi ancaman cedera. Saya yakin kami akan menghadapi tantangan lain selama lima pekan ke depan, makanya kami butuh adaptabilitas, pemain hebat dan profesional,” ujarnya.

Kendati digelar di 12 kota seantero Eropa, Inggris punya sedikit keuntungan untuk Euro 2020. Selain karena tiga pertandingan mereka di Grup D akan dimainkan di Wembley, jika lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup mereka juga akan bermain di Wembley.

Lantas babak semifinal dan final semuanya akan dimainkan di Wembley.

Inggris akan memulai pertandingan pertama di Grup D melawan Kroasia pada 13 Juni, sebelum menghadapi Skotlandia pada 18 Juni dan Republik Ceko empat hari kemudian.

Berikut daftar lengkap skuad final timnas Inggris:

Kiper: Dean Henderson (Manchester United), Sam Johnstone (West Bromwich Albion), Jordan Pickford (Everton)

Bek: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolverhampton Wanderers), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Atletico Madrid), Kyle Walker (Manchester City)

Tengah: Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds United), Declan Rice (West Ham United)

Depan: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Aston Villa), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Marcus Rashford (Manchester United), Bukayo Saka (Arsenal), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Raheem Sterling (Manchester City)

Baca Juga: Euro 2020: Mason Greenwood Mundur dari Timnas Inggris karena Cedera