Staf Kedubes Taiwan Beradu Argumentasi dengan Diplomat Cina

Pasukan militer Taiwan berlabuh di Kepulauan Pratas di ujung utara Laut Cina Selatan pada 12 Agustus 2017. [TAIPEH TIMES]

, Jakarta – Seorang pejabat Taiwan terluka setelah terlibat adu argumen dengan dua orang diplomat Cina dalam sebuah acara di Ibu Kota Suva, Fiji.

Insiden yang terjadi pada awal Oktober ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Nasional Taiwan pada 8 Oktober 2020 di kantor perwakilan negara itu di Fiji.

Juru bicara kementerian Taiwan, Joanne Ou, mengatakan pejabat dari kedubes Cina di Fiji mencoba masuk ke dalam lokasi acara untuk mengambil gambar para tamu yang hadir.

“Kedua pejabat Cina itu menjadi marah saat dilarang staf kami sehingga menimbulkan luka di bagian kepala dan dirawat di rumah sakit,” kata Ou seperti dilansir CNN pada Senin, 19 Oktober 2020.

Soal insiden ini, kantor kedutaan besar Cina di Fiji membantah penjelasan Ou. Pejabat kedubes justru menuding pejabat Taiwan justru bersikap memprovokasi staf dari Kedubes Cina, yang melakukan tugas resmi di area publik di luar lokasi acara.

Kedubes Cina mengatakan satu diplomat Cina terluka pada bagian kepala saat terjadi keributan di luar Grand Pacific Hotel di Fiji.

Soal ini, Ou mengatakan pernyataan kedubes Cina merupakan upaya membalik kebenaran dan membingungkan publik.

Sumber

https://edition.cnn.com/2020/10/19/asia/taiwan-china-diplomat-fiji-intl-hnk/index.html