Start Ke-21 MotoGP Doha, Valentino Rossi Salahkan Ban Belakang

, Jakarta – Pembalap kawakan asal Italia, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT), akan mengawali balap MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu, 4 April 2021, dari posisi ke-21.

Hasil ini bertolak belakang dengan capaian kualifikasi di pekan sebelumnya di sirkuit yang sama. Ketika itu, ia sukses merebut posisi 4 di debutnya bersama tim Petronas Yamaha SRT.

Rossi mengaku mengalami masalah pada ban belakang. Masalah itu ia rasakan bahkan sejak sesi latihan bebas sehari sebelumnya. “Hari yang sangat sulit, karena saya tidak pernah kencang,” kata Rossi usai sesi kualifikasi seperti dikutip dari Crash.net, Minggu, 4 April 2021.

Rossi mengklaim telah meningkatkan feeling dengan ban belakang tetapi ia mengaku sangat menderita. “Saya memiliki cengkraman yang kurang dalam akselerasi dan juga, setelah beberapa lap, saya sangat menderita dan kecepatan saya tidak bagus,” ujarnya. 

“Juga di kualifikasi dengan ban baru, saya tidak pernah merasa cukup cepat. Minggu lalu saya bagus dengan ban baru, kami mencoba meningkatkan umur ban akhir pekan ini tapi sayangnya saya tidak cukup cepat.”

Baca juga: Kualifikasi MotoGP Doha: Jorge Martin Pole, Valentino Rossi Ke-21

Kualifikasi terendah Rossi sebelumnya berada di urutan ke-18 saat mengalami cedera di Assen pada tahun 2006, meskipun ia merasa penampilannya selama tahun-tahun Ducati (terendah ke-16 di Grand Prix Jerman 2011) lebih buruk.

“Bagi saya ini bukan kualifikasi terburuk saya. Saya pikir saya melakukannya lebih buruk dengan Ducati!” katanya.


Kini, Ducati melalui pembalap rookie, Jorge Martin (Pramac Ducati), tampil tercepat di sesi kualifikasi MogoGP Doha. Bahkan, Ducati akan star dari posisi 1-2.

CRASH | MOTOGP