Sultan HB X Perpanjang PPKM Mikro di Yogyakarta

, JakartaGubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X) memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Mikro sampai 19 April 2021.

Perpanjangan tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 10/INSTR/2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diteken Sultan HB X pada Senin, 5 April 2021. “Instruksi Gubernur ini berlaku 6 April 2021 sampai dengan 19 April 2021,” kata Sultan.

Menurut Sultan HB X, perpanjangan PPKM Mikro harus dilakukan untuk mencegah meningkatnya kasus Covid-19. “Kalau tidak diperpanjang, yang lain masih merah, nanti kalau keluar dari situ (PPKM) semua daerah turun, Yogyakarta malah masih merah,” kata dia.

Melalui instruksi tersebut, Sultan HB X minta pemberlakuan PPKM Mikro sampai dengan tingkat rukun tetangga atau rukun warga yang berpotensi Covid-19.

Dalam aturan sebelumnya, PPKM Mikro tetap diterapkan dengan mempertimbangkan zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT. Zonasi dibagi dalam kategori hijau, kuning, oranye, dan merah.

Dengan memperpanjang PPKM Mikro, Sultan HB X berharap masih bisa mengontrol pergerakan masyarakat. “Lebih baik diteruskan dengan harapan tetap bisa mengontrol mobilitas masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Pemerintah Resmi Perpanjang Lagi PPKM Mikro, Bertambah Jadi 20 Provinsi