Terpopuler Bisnis: Penunjukan Komisaris BUMN hingga Sriwijaya Air Hilang Kontak

, Jakarta -Berita terpopuler ekonomi bisnis sepanjang 9 Januari 2021 dimulai dari profil Ketua Pemuda Muhammadiyah yang ditunjuk Menteri Erick Thohir menjadi komisaris Istaka Karya (Persero) dan insiden pesawat Sriwijaya Air yang membawa 62 orang hilang kontak di atas perairan Kepulauan Seribu.

Selain itu berita tentang Grup Salim yang memborong saham Bank Mega milik Chairul Tanjung senilai Rp 2,7 triliun masih juga menjadi trending. Grup Salim melalui PT Indolife Pensiontama diperkirakan merogoh kocek Rp 2,7 triliun dan menjadi pemegang saham baru Bank Mega yang dikendalikan oleh taipan Chairul Tanjung lewat CT Corpora. Berikut selengkapnya berita tersebut.

1. Jejak Ketua Pemuda Muhammadiyah yang Ditunjuk Erick Thohir Jadi Komisaris BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menunjuk Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Istaka Karya (Persero). Pengangkatan Sunanto sebagai komisaris BUMN itu dilakukan pada Jumat, 8 Januari 2021.

“Dengan adanya komisaris utama yang baru, kami berharap ini akan memberikan semangat, yaitu energi yang bertambah untuk memperoleh produksi profitable sehingga dapat memajukan perusahaan BUMN yang memberikan kontribusi bagi Indonesia,” tutur Sekretaris Perusahaan Istaka Yudi Kristanto saat dihubungi pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Sebelum merambah karier di perusahaan pelat merah, Sunanto yang karib dipanggil Cak Nanto ini aktif di organisasi Muhammadiyah. Pria kelahiran Sumenep, 24 September 1980, tersebut sedari mahasiswa telah aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022 Sunanto alias Cak Nanto. Dok. Istimewa

Pada 2004, saat masih menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) jurusan Syari’ah, dia didapuk sebagai Ketua Bidang Kader Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Mumahmmadiyah (IMM) Jawa Tengah. Pada saat yang sama, ia juga menjadi Ketua Umum DPD IMM hingga lepas jabatan pada 2009.

Pada 2008, Cak Nanto diangkat menjadi Ketua Bidang Hikmah Dewan Pimpinan Pusat IMM hingga 2010. Selanjutnya pada 2011, dia terdaftar sebagai Sekretaris DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Tengah hingga 2014.

Jejak Cak Nanto di organisasi otonom Muhammadiyah beranjak ke level nasional sejak 2018. Menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak yang dipinang sebagai juru bicara kampanye calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kala itu, Cak Nanto pun terpilih sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah dalam muktamar ke XVII.

2. Maskapai Sriwijaya Rute Jakarta-Pontianak Diduga Hilang Kontak

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air dikabarkan hilang kontak. Maskapai penerbangan Boeing 737-500 dengan nomor penerbangan SJ182 terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Pontianak.

“Saya belum bisa sampaikan, saya baru sampai di tempat (Bandara Soekarno-Hatta). Kami sedang koordinasi sebentar, nanti saya kabari,” tutur Direktur Operasi Sriwijaya Didi Iswandi kepada Tempo, Sabtu, 9 Januari 2021.

Sementara itu Kementerian Perhubungan mengkonfirmasi maskapai penerbangan Sriwijaya Air hilang kontak, Sabtu, 9 Januari 2021. Menhub Budi Karya mengatakan pesawat mengangkut 50 penumpang dan 12 kru.

“Telah terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta – Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB,” tutur Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irwati, Sabtu, 9 Januari 2020.

Pesawat membawa 46 penumpang dewasa, 7 anak-anak,3 bayi. Menurut informasi, maskapai dijadwalkan lepas landas pukul 13.25 WIB dan tiba di lokasi pukul 15.00 WIB. Namun pesawat mengalami delay keterlambatan. Sehingga, pesawat lepas landas pukul 14.14 WIB dan semestinya tiba pukul 15.50 WIB.

Adita mengatakan saat ini Kementerian tengah menggelar investigasi dan berkoordinasi dengan BASARNAS dan KNKT terkait pesawat hilang tersebut. “Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut jika sudah ada perkembangan lain,” katanya.

12
Selanjutnya