Tidak Ada Perayaan pada Ulang Tahun Ratu Elizabeth II

, Jakarta – Ratu Elizabeth II berulang tahun yang ke 95 pada Rabu, 21 April 2021. Tidak ada perayaan pada pergantian usia kali ini.

Ulang tahun Ratu Elizabeth II terjadi beberapa hari setelah suaminya Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun. Usia pernikahan keduanya sudah 70 tahun.

Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philip, dilaporkan telah menerima vaksin Covid-19. Ratu Elizabeth meminta agar vaksinasi terhadap dirinya dan suami disebarluaskan pada masyarakat. Victoria Jones/Pool via REUTERS/File Photo

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth menikah pada 1947. Suami Ratu Elizabeth II itu, meninggal persisnya pada 9 April 2021 karena sakit. Keluarga Kerajaan Inggris mengembumikan Pangeran Philip pada Sabtu, 17 April 2021 di Kastil Windsor.

Lantaran sedang Covid-19, Ratu Elizabeth tampak duduk sendiri di acara pemakaman Pangeran Philip. Ratu Elizabeth II meyakinkan dia tabah dan kuat menghadapi musibah ini.

Pada hari ulang tahunnya, Ratu Elizabeth II hanya akan berada di kastilnya saja. Tidak ada perayaan apapun.  

Ratu Elizabeth II juga punya perayaan ulang tahun secara resmi yang dirayakan setiap Sabtu pekan kedua Juni. Acara ulang tahun itu biasanya dirayakan dengan sangat meriah.

Kematian Pangeran Philip barangkali membuat Ratu Elizabeth II merasa ada yang hilang di hatinya mengingat Pangeran Philip adalah orang paling dipercaya Ratu Elizabeth II. Kedua sejoli itu telah bersama selama 69 tahun.    

Selain kehilangan suami, Ratu Elizabeth II juga sedang menghadapi krisis yang menghantam keluarga Kerajaan Inggris setelah beberapa puluh dekade. Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markel menuduh telah terjadi rasisme di Kerajaan Inggris dan hal itu diabaikan.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Memakai Bros Bermakna Romantis di Pemakaman Pangeran Philip

Sumber: Reuters