Top 3 Tekno Berita Hari Ini: WhatsApp 2021, Curang SNMPTN Karena Foto Diri

Aplikasi WhatsApp. REUTERS/Thomas White

, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini diawali dari artikel tentang aplikasi pesan atau percakapanan WhatsApp yang akan berhenti berfungsi pada pada beberapa perangkat ponsel mulai 2021. Itu bisa terjadi karena WhatsApp menarik dukungan untuk versi sistem operasi yang lebih lama.

Artikel kedua mengenai sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2021. Para calon peserta diminta memperhatikan foto yang digunakan untuk pendaftaran nanti. Mereka diingatkan jangan sampai gagal dalam seleksi tersebut hanya karena dianggap curang terkait foto diri. 

Artikel ketiga adalah yang bercerita perihal buaya 2,5 meter tersangka pencuri ikan dalam karamba warga Kampung Bangun Sari di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Buaya itu lalu dijerat dan dimintakan kepada petugas BPBD kota setempat agar dibuang jauh-jauh.

1. WhatsApp Tak Berfungsi Pada Ponsel Ini Mulai 2021, Cek Daftarnya

Aplikasi pesan WhatsApp akan berhenti berfungsi pada beberapa perangkat ponsel mulai 2021. Dalam laman dukungan FAQ dari platform besutan Facebook itu, ada ponsel Android dan iOS yang tidak dapat lagi menjalankan aplikasi tersebut.

Itu bisa terjadi karena WhatsApp menarik dukungan untuk versi sistem operasi yang lebih lama. “Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan versi perangkat lunak terbaru Android atau iOS dan semua perangkat lunak lain yang kompatibel,” cuit WhatsApp.

Aplikasi berlogo gagang telepon itu hanya akan bisa digunakan pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 4.0.3 atau yang lebih baru, serta iPhone dengan iOS 9 dan yang lebih baru.

2. Terungkap, Peserta SNMPTN dan SBMPTN Dicoret gara-gara Foto

Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diminta memperhatikan foto yang digunakan untuk pendaftaran. Foto diri diharuskan sesuai dengan yang ditetapkan, yakni formal dari depan, jika tak ingin tidak diproses. 

Dari SNMPTN dan SBMPTN 2020, sejumlah pendaftar ternyata tak mengikuti aturan itu sehingga dinilai tidak sungguh-sungguh. Mereka disebutkan tidak mempersiapkan foto untuk pendaftaran dengan baik.

Baca juga:
Tidak Cetak Kartu Baru, 7 Persen Peserta Ujian SBMPTN Dicoret

“Ada yang fotonya selfie, dengan pacar, foto kucingnya, ada yang dengan keluarga, dan bahkan dari belakang,” kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengungkapkan.

3. Buaya 2,5 Meter Curi Ikan dalam Karamba Dijerat Warga

Warga Kampung Bangun Sari di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, menangkap seekor buaya berukuran sekitar 2,5 meter pada Kamis 17 Desember 2020. Buaya itu dijerat menggunakan tali. 

Ketua RT setempat, Rumono, mengatakan hewan reptil bertanggung jawab atas kematian atau hilangnya ternak ikan dalam keramba milik warga sekitar. “Buaya diduga berasal dari anak Sungai Toca tidak jauh dari permukiman kami,” kata Rumono.

Dia meminta pemerintah daerah setempat segera mengembalikan buaya tersebut ke habitat aslinya. “Kalau bisa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) buang ke tempat yang jauh,” katanya.