Top 3 Tekno Berita Kemarin: Gempa Bengkulu dan SIMAK UI

Peta zona gempa megathrust. (Pusat Studi Gempa)

, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Kemarin diguncang artikel tentang gempa Bengkulu. Gempa ini disebut doublet earthquake karena dua gempa dengan kekuatan besar yang hampir setara dan hampir bersamaan. Kepala Stasiun Geofisika Kelas III BMKG Kepahiang, Litman, mengajak bersyukur karena gempa tersebut kembar dan tidak tunggal.

Artikel kedua datang dari pembuat vaksin Cina Cansino yang mengatakan bahwa regulator pemerintah menyetujui aplikasi patennya untuk vaksin Covid-19. Hal itu menandai paten pertama dan satu-satunya yang sejauh ini telah diberikan otoritas Cina untuk vaksin virus baru itu.

Berita dari pengumuman SIMAK UI mengisi slot terakhir Top  Tekno. Isinya menjelaskan langkah atau tahapan yang harus segera dilakukan oleh para peserta yang telah dinyatakan lulus. Mereka akan dinyatakan sebagai mahasiswa baru segera setelah di antaranya membayar uang kuliah.

Berikut ini, Top 3 Tekno Berita Kemarin, Rabu 19 Agustus 2020, selengkapnya, 

1. BMKG Syukuri Gempa Bengkulu 6,9 dan 6,8 M Hari Ini, Kenapa?

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III BMKG Kepahiang, Litman, mengajak bersyukur karena masyarakat terhindar dari dampak gempa Bengkulu yang lebih dahsyat pada Rabu pagi. Itu bisa terjadi andai kekuatan gempa tak terbagi dua.

Litman merujuk kepada dua gempa yang terjadi hampir bersamaan pukul 05.23 WIB, masing-masing berkekuatan 6,9 dan 6,8 Magnitudo. Keduanya terdeteksi berasal dari sumber yang sama yaitu akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Gempa pertama bersumber dari lokasi 169 kilometer barat daya Bengkulu dengan kedalaman 10 kilometer. Sedang yang kedua lebih dekat ke darat yakni 78 kilometer barat daya Bengkulu dengan kedalaman 11 kilometer.

Peta kejadian gempa Bengkulu pada Rabu pagi, 19 Agustus 2020. Dua gempa terjadi hampir bersamaan dengan kekuatan cukup besar 6,9 dan 6,8 Magnitudo. (ANTARA/HO.BMKG)

“Kita patut bersyukur posisi gempanya dobel dengan kekuatan yang hampir sama di waktu yang berdekatan. Kita dapat bayangkan kalau hanya satu gempa tadi itu kekuatannya bisa di atas magnitudo 7 dan itu bahaya,” kata Litman di Bengkulu, Rabu 19 Agustus 2020.

Baca juga:
BMKG: Aktivitas Zona Megathrust Bengkulu Perlu Diwaspadai

2. Cina Keluarkan Paten Vaksin Covid-19 Pertama

Pada Minggu, 16 Agustus 2020, pembuat vaksin Cina Cansino mengatakan bahwa regulator pemerintah menyetujui aplikasi patennya untuk vaksin Covid-19. Hal itu menandai paten pertama dan satu-satunya yang sejauh ini telah diberikan otoritas Cina untuk vaksin virus baru itu.

Cansino mengatakan kepada media pemerintah Cina, Global Times, paten tersebut mengonfirmasi keamanan dan kemanjuran kandidat utama vaksin yang dijuluki Ad5-nCoV. Vaksin itu dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi dalam kemitraan dengan Akademi Ilmu Kedokteran Militer, lembaga penelitian di bawah Tentara Pembebasan Rakyat Cina.

Namun, paten itu tidak berarti bahwa vaksin siap untuk digunakan secara luas. “Kandidat vaksin Cansino masih harus menyelesaikan uji klinis fase III, kemudian melalui proses persetujuan pemasaran terpisah di Cina yang menganggapnya aman dan efektif untuk digunakan secara luas,” kata Bryan Mercurio, ahli hukum farmasi dari Chinese University of Hong Kong, seperti dikutip Fortune, 19 Agustus 2020.

3. Empat Tahap Setelah Pengumuman SIMAK UI: Registrasi, Bayar, ….

Universitas Indonesia meminta sebanyak 3.934 peserta Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI yang telah dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa baru melakukan daftar ulang. Mereka terdiri dari 533 peserta dari Vokasi (D3), 2.754 peserta S1 Reguler, dan 647 peserta S1 Paralel.

Juru bicara UI, Amelita Lusia, mengatakan, pengumuman SIMAK UI dapat diakses sejak Selasa siang, pukul 13.00 WIB melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id. SIMAK UI merupakan pintu masuk terakhir tahun ini bagi siswa/i SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya di UI pada jenjang Vokasi dan Sarjana.

Menurut dia, peserta yang dinyatakan lulus seleksi dapat melihat pengumuman pada laman penerimaan.ui.ac.id. Di sana tercantum pula program studi pilihannya dan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) tercantum agar segera memenuhi persyaratan pendaftaran ulang.

Baca juga:
Pengumuman SBMPTN, Ini Besar Uang Kuliah untuk Peserta Lolos ke ITB