Top 3 Tekno Berita Kemarin: Obat Covid-19 dan Mobil Listrik Pintar dari Surabaya

Warga mengantre untuk melakukan tes corona atau COVID-19 di Poli Khusus Corona RSUA, Surabaya, Senin, 16 Maret 2020. Poli Khusus Corona dibuka pukul 08.00-20.00 WIB dengan batas jumlah pasien 100 orang per harinya, sebagai upaya mengoptimalkan layananan kepada masyarakat.. ANTARA/Moch Asim

Jakarta – Top 3 Tekno kemarin dimulai dari topik obat Covid-19 temuan tim peneliti di Universitas Airlangga Surabaya. Kampus itu menyatakan masih menunggu diskusi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait permohonan izin edar atau produksi massal dari pemerintah pusat atas obat yang mereka temukan.

Pihak kampus menyatakan tidak akan menanggapi pandangan miring tentang temuan obat tersebut yang berkembang di tengah masyarakat sebelum melalui diskusi itu. Adapun diskusi rencananya akan dilakukan hari ini.

Berita terpopuler selanjutnya, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro meluncurkan inovasi mobil listrik pintar karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75, Senin, 17 Agustus 2020. Mobil listrik bernama iCAR atau intellegent CAR itu dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa menggantikan peran pengemudi alias bergerak otonom.

Sambaran petir yang menyebabkan  23 warga Kabupaten Lebak, Banten, terluka dan tiga di antaranya meninggal juga termasuk dalam berita terpopuler hari ini. Peristiwa itu terjadi saat mereka sedang berteduh setelah menyaksikan pertandingan sepak bola di Desa Girimukti Kecamatan Cilograng, pada Senin sore lalu.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno kemarin, Selasa 18 Agustus 2020:

1. Diancam Digugat Terkait Temuan Obat Covid-19, Ini Reaksi Unair

Universitas Airlangga Surabaya menyatakan masih menunggu momen diskusi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait izin produksi massal oleh pemerintah pusat atas obat Covid-19 yang mereka temukan. Unair menyatakan tidak akan menanggapi pandangan miring tentang temuan obat tersebut yang berkembang di tengah masyarakat sebelum melalui diskusi itu.

Baca juga:
Membandingkan Dua Uji Stemcell UI dan Unair Melawan Covid-19

Juru bicara Universitas Airlangga, Suko Widodo, mengatakan itu saat dihubungi, Selasa pagi ini, 18 Agustus 2020. “Besok rencananya diskusi dengan BPOM itu, setelahnya nanti baru kami akan menanggapi,” kata dia.

Sebelumnya, ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia Pandu Riono diberitakan mengancam menggugat apabila BPOM memberi izin untuk produksi massal tersebut. Pandu mempermasalahkan prosedur penelitian obat tersebut yang disebutnya mengambil jalan pintas.

2. HUT RI ke-75, Menristek dan ITS Luncurkan Mobil Listrik Pintar iCAR

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro meluncurkan inovasi mobil listrik pintar karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75, Senin, 17 Agustus 2020. Mobil listrik bernama iCAR atau intellegent CAR itu dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa menggantikan peran pengemudi alias bergerak otomatis.

Baca juga:
Penelusuran ITS Ditulis Institut Teknologi Surabaya yang Ramai di Medsos

Bambang menyatakan sangat mengapresiasi dan bangga terhadap rektor dan segenap jajaran di ITS atas inovasi iCAR. Dia berjanji akan terus mendukung semua upaya penelitian yang bermanfaat. “Karena inovasi ini nantinya bisa membawa Indonesia menuju negara maju di 100 tahun kemerdekaan kita pada 17 Agustus 2045,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Senin.

ICAR mobil listrik buatan ITS. Youtube. Com

iCAR merupakan prototipe mobil listrik otonom, yang jika mengacu pada NHTSA dan SAE Autonomous Driving Grading Standard, berada di level autonomous antara level 3 (tiga) dan level 4. Hal itu ditandai dengan driving operation berbasis sistem, pengenalan lingkungan berbasis sistem, serta otomatisasi yang telah berada di antara level kondisional dan optimal.

3. Petir Sambar 23 Penonton Bola di Lebak, 3 Orang Tewas

Sebanyak 23 warga Kabupaten Lebak, Banten, terdiri dari remaja maupun dewasa serta laki dan perempuan tersambar petir, Senin 17 Agustus 2020, pukul 16.30 WIB. Peristiwa itu terjadi saat mereka sedang berteduh setelah menyaksikan pertandingan sepak bola di Desa Girimukti Kecamatan Cilograng.

“Dari 23 warga korban itu dilaporkan tiga di antaranya meninggal dan tiga lainnya dirujuk ke RS Pelabuhan Ratu, Sukabumi,” kata Didi Mulyadi, seorang tokoh masyarakat Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Senin.

Baca juga:
Tragedi di India, Begini Petir Membunuh Manusia juga Ternak

Korban meninggal diketahui atas nama Irpan (16) warga Desa Cikatomas, Subadri (50) warga Desa Girimukti, dan Ajid (17) Desa Pasirbungur. Sedang korban luka berat dan dirujuk ke RS Pelabuhan Ratu antara lain Suryani (24) warga Desa Lebaktipar, Didin (20) warga Desa Pasirbungur, dan Siti Patimah (23) warga Desa Girimukti.