UEFA Nations League: Slovakia Patahkan Tren Kemenangan Skotlandia, Menang 1-0

Para pemain Timnas Skotlandia merayakan keberhasilan lolos ke EURO 2021. REUTERS/Marko Djurica

, Jakarta – Timnas Slovakia menghentikan tren kemenangan Skotlandia dengan menuai kemenangan 1-0 dalam pertandingan putaran kelima UEFA Nations League Divisi B Grup 2 (B2) di Stadion City Arena, Trnava, Minggu, 15 November 2020. Kemenangan itu menjaga asa menghindari degradasi ke Divisi C.

Hasil itu merupakan kemenangan perdana Slovakia, tetapi mereka belum meninggalkan posisi juru kunci klasemen Grup B2 dengan empat poin. Sedangkan Skotlandia (10) tetap di puncak dan menunda kepastian promosi mereka ke Divisi A, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pada pertandingan itu, Slovakia mengancam lebih dahulu melalui sepakan Juraj Kucka yang dapat diantisipasi kiper Craig Gordon. Skotlandia balas menekan melalui sepakan mendatar Ryan Christie yang mampu digagalkan kiper Marek Rodak.

Baca juga : 4 Tim Terakhir Lolos, Simak Pembagian Grup Euro 2020

Tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-32, melalui peluang bersih pertama mereka. Peter Pekarik mengoperkan bola kepada Jan Gregus, yang sepakannya sempat terdefleksi pemain Skotlandia dan mengecoh kiper Gordon.

Skotlandia kemudian meningkatkan serangan mereka. Namun sampai turun minum, tandukan Oliver McBurnie dan sepakan Stuart Armstrong tidak membahayakan gawang Slovakia.

Kedua tim saling menyerang pada babak kedua. Peluang pertama didapat Gregus yang sepakan jarak jauhnya melebar, sedangkan upaya Kenny McLean dari Timnas Skotlandia melambung di atas mistar gawang.

Baca juga : Hasil Bola: Cerita 4 Tim Peraih Tiket Terakhir ke EURO 2021

Kiper Rodak menjadi penyelamat Slovakia saat ia dengan satu tangannya dapat menepis tandukan akurat McLean sehingga gagal bersarang di gawangnya. Tetapi itulah peluang bersih terakhir yang terjadi pada pertandingan itu, dan Slovakia mampu mengamankan kemenangan 1-0 atas tamunya.

Makedonia Utara kokoh di pucuk Grup C2

Pada pertandingan Divisi C Grup 2 (C2) yang dimainkan pada waktu yang bersamaan, Makedonia Utara menaklukkan tamunya Estonia dengan skor 2-1 untuk mengokohkan diri di puncak klasemen. 

Pada pertandingan yang dimainkan di Todor Proeski Arena, Skopje, tersebut, Makedonia Utara Utara membuka keunggulan pada menit ke-29 melalui gol yang diukir Ivan Trickovski meneruskan sepakan voli Stefan Spirovski.

Estonia sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-55 berkat sepakan melengkung Rauno Sappinen. Namun, tuan rumah mampu mengembalikan keunggulan satu gol pada menit ke-69 berkat sundulan Vlatko Stojanovski.

Makedonia Utara kini kokoh di pucuk klasemen dengan sembilan poin, sedangkan Estonia yang menelan kekalahan ketiganya terpuruk di dasar klasemen dengan dua poin UEFA Nations League.